cropped-Logo-YPI-Al-Multazam-Husnul-Khotimah

Bagian Bahasa Al-Multazam

Muhadhoroh Akbar Sebagai Momentum Perayaan Bahasa

Bagian Bahasa Al-Multazam-Jum'at(19/8) Kemampuan berbahasa asing merupakan pondasi kuat bagi seseorang untuk menguasai beberapa ilmu dan keterampilan. Keterampilan untuk menguasai bahasa asing di era globalisasi juga sangatlah diperlukan. Bahasa memiliki fungsi tertentu selain alat komunikasi untuk kemampuan sosialisasi, bahasa juga digunakan sebagai alat untuk menyampaikan gagasan dari sebuah komunikasi verbal baik lisan maupun tulisan.
Keterampilan tersebut dilatih dan dikembangkan dalam agenda muhadhoroh Akbar pada 19 Agustus 2022 dengan tema اللغة تاج المعهد “Language is Our Crown“ santri SMPIT dan SMAIT Al-Multazam. Dalam lingkup kecilnya, muhadhoroh diadakan per pekan di kelas masing-masing, sedangkan dalam lingkup yang besar diadakan per semester bertempat di lapangan utama.
Kegiatan Muhadhoroh Akbar diantaranya ada speech berbahasa inggris, khitobah berbahasa arab, drama performance maupun penampilan lagu yang dibawakan dalam bahasa asing dan pembagian rewards bagi santri yang memiliki prestasi dalam berbahasa.
Mengidentifikasi bahwasanya bahasa arab dan bahasa inggris merupakan 2 bahasa yang sangat dibutuhkan di era globalisasi, Bahasa Arab merupakan bahasa untuk memahami keilmuan Agama, dilengkapi dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional untuk mengikuti perkembangan zaman, maka agenda Muhadhoroh diadakan sebagai harapan agar santri bisa berkomunikasi untuk menyampaikan gagasan-gagasannya dan melatih skill public speaking agar menjadi modal awal untuk terjun ke masyarakat yang sesungguhnya.

( NA- Kontributor Bahasa AM )

Leave Your Comment Here