cropped-Logo-YPI-Al-Multazam-Husnul-Khotimah

Bagian Bahasa Al-Multazam

الاستعداد والتدريب لمسابقة الخط العربي في الكهف للصف العاشر والثاني عشر

Bagian Bahasa Al-Multazam ( 26/08 ) Dalam persiapan menuju lomba khat yang akan diselenggarakan pada September mendatang, santri kelas 10 dan 12 memulai latihan intensif mereka di kantor bahasa dengan guru kaligrafi, Ustadz Nurkaman Lc untuk memperbaiki dan mengasah keterampilan mereka. Latihan tersebut diikuti santri dengan penuh semangat dan antusias untuk menciptakan karya-karya kaligrafi yang memukau karena hal ini menjadi momen penting bagi santri untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam seni kaligrafi dengan harapan dapat meraih prestasi terbaik di atas panggung.

Dalam latihan intensif ini, santri diajak untuk memahami lebih dalam tentang berbagai gaya seni kaligrafi Arab, mengasah presisi gerakan tangan, serta memahami makna dan keindahan di balik setiap goresan pena. Setiap detail karya menjadi perhatian utama, karena ketelitian dan keahlian dalam setiap karakter menjadi kunci penting dalam menghasilkan kaligrafi yang memukau.

Latihan ini akan mencakup berbagai teknik kaligrafi Arab, termasuk gaya tulisan Diwani, Naskh, Thuluth, Ruq'ah, Kufi, dan Riq'ah. Santri juga diberi wejangan bahwasanya seni kaligrafi akan terlatih karena adanya latihan serius secara kontinyu seperti pepatah mengatakan bahwa "bisa karena terbiasa". Seni kaligrafi juga akan indah bila satu gaya tulisan saling menyempurnakan dan mengindahkan kaligrafi yang lain sehingga semua teknik tulisan masuk dalam satu seni khat kaligrafi yang luar biasa.

Momen ini juga memberikan kesempatan untuk membuktikan bahwa kaligrafi bukan hanya sekadar keterampilan, tetapi juga sebuah bentuk seni yang mendalam dengan nilai-nilai keindahan, kesabaran dan juga ketelitian untuk menghasilkan kaligrafi yang memukau.

( NA-Kontributor Bahasa AM )

    Leave Your Comment Here