cropped-Logo-YPI-Al-Multazam-Husnul-Khotimah

Bagian Bahasa Al-Multazam

Assessing Language Proficiency for 7th Grade

Bagian Bahasa Al-Multazam ( 17/07 ) Ma'had Al-Multazam, lembaga pendidikan Islam yang dikenal dengan kualitas dan inovasinya ini mengadakan pretest Bahasa Inggris. Pretest merupakan bagian dari penilaian kemampuan bahasa dengan lebih akurat secara kualitas maupun kuantitas.

Pretest tersebut menyesuaikan tingkat kesulitan soal berdasarkan respons santri. Hal ini memungkinkan para santri lebih imbang dalam penilaian karena mencakup tingkatan yang cukup mudah hingga cukup sulit untuk setara tingkatannya.

Kegiatan pretest tersebut diadakan hanya sehari pada 17 Juli 2023 di kelas masing-masing dan diikuti oleh semua santri kelas 7 A, 7 B, 7 C, 7 D, 7 E, 7 F, dan 7 G berupa materi dasar tentang Expression, Complete Dialogue, Grammar dan juga Vocabulary. English Pretest ini dilaksanakan sebagai tahapan awal dari Matrikulasi Bahasa Inggris untuk santri kelas 7 yang dilaksanakan selama 2 pekan ke depan.

Terlihat dari beberapa santri yang antusias mengikuti pretest, menurut opini penulis dengan adanya kegiatan yang diperbarui terus menerus dari segi gagasan maupun langkah perubahannya, pretest sangat memberikan manfaat karena memungkinkan kita untuk lebih mengenal potensi bahasa setiap santri dengan lebih mendalam karena bukan hanya melakukan penilaian secara tulis saja, pretest juga menilai dari penilaian secara lisan sehingga bisa memberikan pengalaman belajar yang lebih personal dan mendukung perkembangan kemampuan bahasa mereka secara maksimal.

( NA - Kontributor Bahasa AM )

    Leave Your Comment Here